Jenis strategi pemasaran – Untuk mengembangkan suatu bisnis, salah satu cara yang penting dilakukan adalah perencanaan. Perencanaan bisnis merupakan sebuah peta yang kita gunakan untuk mencapai kesuksesan bisnis.
Pemasaran merupakan hal yang penting untuk mencapai keberhasilan bisnis. Walaupun sebuah produk mempunyai kualitas yang baik, tetapi tidak akan menghasilkan keuntungan jika tidak melalui strategi pemasaran yang baik. Untuk itu pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian dan jenis strategi pemasaran
Pengertian Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan upaya menjual/mengenalkan suatu produk atau jasa kepada konsumen. Dengan perencanaan pemasaran yang matang maka penjualan akan meningkat. Dalam bisnis, ada faktor yang mempengaruhi harga jual barang dan jasa, yaitu : produksi, pemasaran, dan konsumsi
Fungsi Strategi Pemasaran
Berikut ini adalah fungsi strategi pemasaran :
- Ada standar penilaian prestasi kerja anggota. Hal ini berfungsi sebagai pengawasan kualitas dan mutu agar semakin efektif
- Untuk mengatur jalannya bisnis sehingga koordinasi team pemasaran berjalan lancar
- Alat bantu mencapai tujuan perusahaan
Tujuan dari Strategi Pemasaran
- Mengembangkan kemampuan bisnis agar bisa melakukan adaptasi
- Dasar pengambilan keputusan perusahaan
- Agar tim pemasaran dapat meningkatkan kordinasi antar individu
Tips Strategi Pemasaran untuk Bisnismu
- Konsisten melakukan Pemasaran : Konsistensi dibutuhkan dalam perencanaan pemasaran. Hal ini dilakukan agar biaya marketing menjadi efisien dan memperbanyak pelanggan
- Riset target market : Anda harus mengetaui dengan baik pangsa pasar yang dituju. Anda bisa memilih beberapa segmen pasar yang akan Anda tuju, hal ini akan memudahkan Anda untuk merencanakan teknik marketing yang efisien
- Menghitung anggaran : Menghitung anggaran untuk pemasaran merupakan hal yang berat karena dibutuhkan keakuratan. Dari anggaran yang dibuat Anda bisa menentukan besaran dana yang dibutuhkan untuk pemasaran
- Melakukan branding : strategi marketing tidak lepas dari strategi branding. Branding merupakan pencitraan perusahaan
- Promosi dan iklan : Promosi dan iklan akan membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Anda juga bisa menggunakan media berbayar seperti google ads, facebook dan instagram ads sebagai sarana meningkatkan penjualan
- Customer relationship : Pengelolaan hubungan baik dengan pelanggan Anda berfungsi agar konsumen Anda semakin konsisten dan royal
- Menggunakan website : saat ini banyak bisnis yang membutuhkan website untuk mempromosikan produk/jasanya. Ini dikarenakan website merupakan media yang maksimal untuk memberikan informasi kepada calon konsumen tentang produk/jasa yang ditawarkan
Faktor Penting dalam Membangun Strategi Pemasaran
- Produk : Mengacu pada produk atau jasa yang ditawarkan. Produk meliputi fungsi, kemasan, kualitas, dll. Saat memikirkan suatu produk, pelanggan akan mempertimbangkan tentang fitur, manfaat, serta kebutuhan pelanggan
- Harga : Menentukan strategi harga penting untuk mempertimbangkan posisi bisnis Anda di pasar. Misalnya, jika bisnis Anda diiklankan sebagai penyedia jasa laundry profesional, maka bisnis Anda harus mencerminkan hak itu
- Promosi : Promosi merupakan cara agar produk atau jasa lebih dikenal oleh konsumen
- Tempat : Tempat dimana produk atau jasa ditawarkan. Anda harus mempertimbangkan bahwa pelanggan dapat dengan mudah mengakses produk atau layanan Anda
- Orang : Merupakan orang-orang yang ada dibalik bisnis Anda
Leave A Comment