pengertian laporan keuangan

 

Pengertian Laporan Keuangan – Untuk menjalankan suatu bisnis diperlukan pengetahuan terkait usaha dan aktifitas yang ada di dalamnya, termasuk soal laporan keuangan.

Laporan keuangan merupakan hal penting dalam bisnis, karena hal ini menentukan berkembang atau tidaknya suatu perusahaan. karena itu, untuk merintis bisnis dari awal dibutuhkan seorang atau yang bisa mengelola keuangan yang akurat dan berpengalaman. Karena hal tersebut, berikut ini akan dibahas mengenai laporan keuangan dan pentingnya bagi bisnis.

 

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan laporan yang terdiri dari semua pencatatan uang dan transaksi yang terjadi dalam bisnis, baik itu transaksi penjualan pembelian, ataupun transaksi lainnya yang memiliki nilai moneter dan ekonomi.

Biasanya laporan keuangan dibuat pada waktu tertentu. Penentuannya tergantung dari kebijakan suatu perusahaan apakah mau dibuat setiap bulan, setiap 3 bulan, atau setahun sekali. Laporan keuangan dibuat untuk mengevaluasi keseluruhan kondisi finansial perusahaan, laporan keuangan ini sangat berguna bagi para stakeholder dan pihak perusahaan yang berkepentingan untuk mengevaluasi dan melakukan pencegahan yang tepat jika terjadi masalah dalam kondisi keuangan perusahaan.

Karena laporan keuangan merupakan suatu hal yang penting bagi perusahaan, maka laporan harus dibuat dengan tepat, detail, dan akurat. Laporan keuangan juga harus dibuat oleh seorang akuntan bertanggung jawab yang kompeten di bidangnya.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa laporan keuangan merupakan lapotan berisi data transaksi keuangan perusahan dalam periode tertentu yang bisa dipertanggungjawabkan sebagai pembahasan evaluasi keuangan perusahaan ke depan.

 

Jenis Laporan Keuangan

  • Laporan Laba Rugi : Merupakan laporan keuangan yang dibuat untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan perusahan secara detail. isi laporan laba rugi mencakup data pendapatan sekaligus beban yang ditanggung oleh perusahaan. Dengan adanya laporan ini, para stakeholder dan pihak yang berkepentingan bisa mengetahui kondisi keuangan terkini sehingga yang selanjutnya dipakai untuk dasar evaluasi dan pengambil kebijakan stau strategi perusahaan selanjutnya
  • Laporan Arus Kas : Laporan arus kas atau yang biasa disebut dengan cash flow merupakan laporan keuangan yang berisi informasi pemasukan dan pengeluaran perusahaan selama satu periode. Laporan ini akan bermanfaat ketika Anda mengevaluasi struktur keuangan dan aktiva bersih
  • Laporan Perubahan Modal : Merupakan laporan keuangan penting bagi perusahaan publik. Tujuan dari laporan keuangan ini adalah agar perusahaan dapat menggambarkan peningkatan atau penurunan dari aktiva bersih dalam periode tertentu. Laporan keuangan jenis ini sering ditemukan di perusahaan besar atau publik karena sebagian besar laporannya punya struktur kepemilikan yang kompleks dalam perubahan akun akuitas di tahun terkait
  • Laporan Neraca : Laporan neraca atau balance sheet biasanya terdiri dari beberapa akun aktiva dan hal-hal yang menjadi kewajiban perusahaan dalam satu periode. Laporan neraca merupakan gabungan dari segala laporan keuangan. Laporan ini dibuat dalam periode tertentu, biasanya tahunan. Tujuan dari dibuatnya laporan ini agar bisa menentukan kebijakan finansial yang diambil di tahun berikutnya
  • Catatan atas Laporan Keuangan : Merupakan informasi tambahan yang menjelaskan bagaimana perusahaan membuat laporan keuangannya. Catatan laporan keuangan bukan merupakan hal yang wajib

 

Fungsi Laporan Keuangan

  • Untuk menilai kondisi bisnis
  • Sebagai bahan evaluasi perusahaan
  • Bentuk pertanggungjawaban perusahaan

 

Trial Accurate Online