perbedaan branding dengan marketing

 

Setiap bisnis pasti memerlukan pemasaran atau maketing untuk memasarkan produk atau jasanya. Selain itu, perusahaan juga membutuhkan branding untuk melekatkan citra suatu produk ke dalam benak konsumen. Namun, masih banyak yang menganggap bahwa marketing dan branding merupakan hal yang sama. Berikut ini akan dibahas, apa yang dimaksud dengan branding?apa bedanya dengan marketing?

 

Simplenya, branding merupakan nama atau pencitraan suatu bisnis, sedangkan marketing merupakan suatu cara atau strategi untuk membangun sebuah nama branding suatu bisnis. Untuk lebih jelasnya, yuk baca artikel berikut ini sampai tuntas!

 

Apa itu Branding?

kata branding berasal dari kata ‘brand’ yang bermakna merek. Lalu apa yang dimaksud branding yang dilakukan oleh perusahaan?Branding merupakan suatu cara atau strategi pencitraan yang dilakukan perusahaan agar suatu produk atau jasa dapat diingat oleh konsumen. Lebih mudahnya, branding merupakan cara komunikasi perusahaan kepada konsumennya terkait produk atau jasa yang ditawarkan

 

Tujuan utama dari branding adalah memperkenalkan brand yang dibangun oleh perusahaan. Branding juga bertujuan untuk membangun citra positif perusahaan di mata konsumen. Pencitraan/branding yang dilakukan dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap perusahaan.

Branding perusahaan bisa dibangun melalui logo, slogan, atau layanan. Branding yang sudah melekat di benak konsumen dapat membuat konsumen untuk kembali lagi memilih produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Misalnya logo netflix yang di branding melalui intro di setiap filmnya, atau indomie yang terkenal dengan slogannya “indomie seleraku”. Tujuan lain dari branding itu sendiri adalah mengenalkan produk dan mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin, apalagi jika branding yang dimiliki suatu perusahaan sudah bagus, maka perusahaan bisa dengan mudah mendapatkan pemasukan

 

Baca Juga :  Market Research : Definisi, Metode, dan Langkah Melakukannya

Fungsi Branding bagi Bisnis

  • Sebagai pembeda ciri khas suatu perusahaan dengan yang lainnya. Jika suatu perusahaan sudah memiliki branding yang kuat, maka konsumen akan lebih mudah untuk membedakannya dengan perusahaan lain yang menjual produk atau jasa serupa
  • Jika suatu perusahaan mempunyai branding yang baik, maka hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk membeli produk atau jasa dari suatu perusahaan. Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk memasarkan produknya lebih luas lagi
  • Suatu perusahaan dengan citra atau branding yang bagus akan selalu diingat dan menjadi pilihan konsumen. Branding yang baik juga membuktikan bahwa layanan atau produk yang ditawarkan memang berkualitas
  • Dengan branding yang kuat dan bagus, suatu perusahaan akan lebih mudah untuk mengendalikan pasar

 

 

Apa itu Marketing?

Marketing berasal dari kata ‘market’ yang artinya pasar. Marketing merupakan cara yang dilakukan perusahaan agar bisa memasarkan produk dan layanannya ke konsumen. Marketing berbeda dengan branding, branding fokus untuk mengenalkan nilai-nilai atau citra perusahaan kepada konsumen, sedanngkan marketing fokus melakukan penjualan suatu produk atau jasa.

Perbedaan antara branding dan marketing selanjutnya adalah dari waktu pelaksanaannya. Untuk membangun suatu branding perusahaan agar dikenal luas oleh masyarakat akan membutuhkan waktu yang lama. Hal ini dikarenakan branding merupakan wajah dari perusahaan, sehingga butuh waktu lama agar citra perusahaan bisa melekat di benak konsumen. Sedangkan marketing bisa dilakukan dalam waktu lebih cepat

 

Trial Accurate Online